Sabtu, 01 Desember 2012

Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan | By : Mahran Zaim


Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan


Terancamnya Kehidupan Di Laut Antartika

Siput laut di laut Antartika terpengaruh oleh pengasaman laut, demikian hasil temuan terbaru para peneliti.


Sebuah tim internasional yang terdiri dari sejumlah ilmuwan menemukan bahwa cangkang siput mengalami korosi.

antartika
Penelitian dilakukan di laut selatan, Antartika.


Hasil kajian ini dirilis dalam jurnal ilmiah Nature Geoscience.Para ahli mengatakan temuan ini menjadi penting untuk memperkirakan masa depan dampak pengasaman laut terhadap kehidupan laut.
Siput laut, yang disebut "pteropod", merupakan penghubung penting dalam rantai makanan laut sekaligus sebagai alat indikator atas kesehatan ekosistem.

2020,Amerika Serikat akan geser posisi Arab Saudi dalam penghasil minyak di dunia

Paris - Pada 2020 nanti Amerika Serikat (AS) bakal menggeser posisi Arab Saudi sebagai penghasil minyak terbesar di dunia. Selama ini AS memang menyimpan cadangan minyaknya dan banyak mengimpor minyak mentah dari luar negeri.
Lembaga International Energy Agency (IEA) menyatakan, situasi bergesernya produsen minyak ini bakal mengubah peta perdagangan energi dunia.

"Saat ini ada kenaikan produksi minyak dan gas di AS yang bakal mendorong aktivitas ekonomi, serta membuat perubahan peta perdagangan energi global," kata IEA dalam pernyataannya soal prediksi pasar energi seperti dikutip AFP, Senin (12/11/2012). 

Menurut data terakhir, produksi minyak di Amerika Serikat (AS) berjumlah 10,59 juta barel per hari. Kontribusi minyak AS atas cadangan minyak dunia adalah 3,1%.

PBB mengakui status Palestina



Majelis Umum PBB sepakat memberikan Palestina status sebagai negara pengamat non-anggota, langkah yang ditentang keras oleh Israel dan AS.

palestine , pbbPresiden Palestina Mahmoud Abbas di hadapan majelis mengatakan hasil pemungutan suara itu adalah "peluang terakhir untuk menyelamatkan solusi dua-negara" dengan Israel.



Berbicara usai pemungutan suara, duta besar AS untuk PBB, Susan Rice, mendesak Palestina dan Israel untuk kembali mengadakan pembicaraan damai dan memperingatkan kedua negara agar tidak melakukan aksi-aksi unilateral.

Jumat, 30 November 2012

Beberapa Hari Lagi iMac Terbaru Apple Akan Segera Meluncur Meluncur !

Setelah sebelumnya sempat dikabarkan tertunda, Apple akhirnya mengkonfirmasi bahwa iMac versi terbaru akan diluncurkan pada 30 November mendatang. iMac tersebut akan hadir dalam dua versi ukuran layar, yaitu 21,5 inci dan 27 inci.

Sebelumnya, sebuah situs Perancis MacBidouille melaporkan bahwa iMac kemungkinan baru akan dirilis pada 2013 karena produsen disebut-sebut kesulitan merakit perangkat terbaru ini.

Kereta Levitasi Jepang Tercepat di Dunia


Jepang: Jepang terus melakukan inovasi demi menghasilkan transportasi berkecepatan tinggi. Central Japan Railway Co. memperkenalkan prototipe terbaru kereta api hasil rancangannya.

Kereta api ini telah menggunakan teknologi Magnetic Levitation (Maglev), jadi keretanya melayang di atas rel dengan magnet berkekuatan tinggi. Prototipe "Seri L0" kereta maglev terbaru ini beroperasi antara Tokyo dan Nagoya di jalur kereta Shinkansen, dan diklaim memiliki kecepatan hingga 500 km/jam.
Saat ini hanya ada dua kereta maglev komersil yang beroperasi: satu di Shanghai (yaitu Transrapid dari Shanhai Pudong International Airport ke Pudong pusat), dan yang satu lagi di Jepang (yaitu Linimo di Aichi).

Dukungan Real Madrid untuk Palestina





    Real Madrid yang dalam video ternyata menjadi salah satu pendukung Palestina. Ya, seperti yang anda ketahui, Palestina sedang berjuang mempertahankan kedaulatan negaranya dari caplokan zionis Israel. Dukungan yang diberikan oleh tim berjuluk Los Blancos ini tidak hanya melalui pengibaran bendera Palestina di stadion Santiago Bernabeu, tapi juga dengan kunjungan para punggawa Madrid semisal Raul Gonzalez, Cristiano Ronaldo hingga penyerang asal Brasil yang sempat bermain di Madrid, Ronaldo.

Ketakutan israel dan amerika serikat atas status palestina di PBB



GAZA - Amerika Serikat (AS) menolak tegas keinginan Palestina untuk meningkatkan status keanggotaan mereka di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ada beberapa kekhawatiran AS dan Israel bila status keanggotaan Palestina naik di PBB.

Negeri Paman Sam menjadi penentang keras dari upaya Palestina menjadi negara pemantau non-anggota (non-member observer state). Salah satu kekhawatiran besar dari AS adalah, Palestina akan menggunakan status mereka untuk bergabung dengan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) yang berada di bawah naungan PBB.

Prospek ini menjadi ketakutan besar bagi Israel bila Palestina menjadi anggota ICC. Mereka khawatir Palestina akan mendesak penyelidikan praktek pencaplokan wilayah Palestina yang dilakukan Israel, sejak pembentukan Negara Yahudi itu pada 1948 silam.

Akhirnya Belgia dan Spanyol mendukung palestina





Pekanbaru--Makin banyak saja negara Eropa yang memberikan dukungan bagi peningkatan keanggotaan Palestina di PBB. 
Belgia, pada Kamis menyatakan akan mendukung Palestina.Sebelumnya, Spanyol mengumumkan hal serupa bagi Palestina.

Pengertian Suhu dan Salinitas


1.  SUHU



Suhu adalah ukuran energi gerakan molekul. Di samudera, suhu bervariasi secara horizontal sesuai garis lintang dan juga secara vertikal sesuai dengan kedalaman. Suhu merupakan salah satu faktor yang penting dalam mengatur proses kehidupan dan penyebaran organisme.
2. SALINITAS
Salinitas adalah kadar garam seluruh zat yang larut dalam 1.000 gram air laut, dengan asumsi bahwa seluruh karbonat telah diubah menjadi oksida, semua brom dan lod diganti dengan khlor yang setara dan semua zat organik menga1ami oksidasi sempuma (Forch et al,1902 dalam Sverdrup et al, 1942).
Adapun Faktor – faktor yang mempengaruhi salinitas adalah:
  1. Penguapan, makin besar tingkat penguapan air laut di suatu wilayah, maka salinitasnya tinggi dan sebaliknya pada daerah yang rendah tingkat penguapan air lautnya, maka daerah itu rendah kadar garamnya.
  2. Curah hujan, makin besar/banyak curah hujan di suatu wilayah laut maka salinitas air laut itu akan rendah dan sebaliknya makin sedikit/kecil curah hujan yang turun salinitas akan tinggi.
  3. Banyak sedikitnya sungai yang bermuara di laut tersebut, makin banyak sungai yang bermuara ke laut tersebut maka salinitas laut tersebut akan rendah, dan sebaliknya makin sedikit sungai yang bermuara ke laut tersebut maka salinitasnya akan tinggi.
Distribusi salinitas permukaan juga cenderung zonal. Air laut bersalinitas lebih tinggi terdapat di daerah lintang tengah dimana evaporasi tinggi. Air laut lebih tawar terdapat di dekat ekuator dimana air hujan mentawarkan air asin di permukaan laut, sedangkan pada daerah lintang tinggi terdapat es yang mencair akan menawarkan salinitas air permukaannya.


Kalor



           Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh suatu zat. Secara umum untuk mendeteksi adanya kalor yang dimiliki oleh suatu benda yaitu dengan mengukur suhu benda tersebut. Jika suhunya tinggi maka kalor yang dikandung oleh benda sangat besar, begitu juga sebaliknya jika suhunya rendah maka kalor yang dikandung sedikit.

Kalor adalah suatu bentuk energi yang secara alamiah dapat berpindah dari benda yang suhunya tinggi menuju suhu yang lebih rendah saat bersinggungan. Kalor juga dapat berpindah dari suhu rendah ke suhu yang lebih tinggi jika dibantu dengan alat yaitu mesin pendingin.

Rabu, 28 November 2012

Pentingnya Air Dalam Kehidupan

Tema : Kelestarian Sumber Air minum


      Air adalah suatu zat yang berbentuk zat cair. Air merupakan kebutuhan primer bagi kehidupan di muka bumi ini terutama bagi manusia.  Dalam ilmu Biologi terdapat ekosistem yang sangat erat hubungannya dalam kehidupan.Pengertian umum Ekosistem adalah suatu system ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

Menurut ahli gizi dan makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Nuri Andarwulan PhD,komposisi tubuh manusia sebagian besar adalah air (cairan), yaitu sekitar 60 hingga 70 persen. Karena itu, air memegang peranan yang sangat penting dan tidak tergantikan.Ia melanjutkan,air adalah esensial dan tidak bisa disintesakan. Ini berbeda dengan senyawa lain, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. ''Lemak bisa disintesakan dari karbohidrat. Protein dan karbohidrat juga sama. Tapi, air tidak bisa disintesakan. Ia harus diperoleh dari luar tubuh,'' ungkapnya.

Mobil Terbaru "Noah" dari Toyota


Ada kabar baru tentang keluaran baru dari sebuah pabrik yang berkelas di dunia yaitu pengeluaran MPV Noah.
Desas-desus Multi Purpose Vehicle (MPV) bakal diluncurkan di Indonesia oleh Toyota Astra Motor (TAM) lambat laun terbuka. Toyota Noah akan segera mengaspal di Indonesia untuk bersaing dengan Mazda Biante dan Nissan Serena.

Arus yang Menyeru Percepat Pembangunan Kuil dan Pembagian al Aqsha Meningkat



Nazaret – PIP: Yayasan al Aqsha memperingatkan tentang berkembang dan membesarnya kelompok-kelompok di dalam institusi Zionis Israel yang menyerukan percepatan pembangunan kuil yang mereka klaim, pembagian masjid al Aqsha, eskalasi penyerbuan dan “ritual Yahudi” di dalamnya.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Selasa (27/11),

Israel Uji Coba Sitem Pertahanan Rudal “Tongkat Sihir”


Nazaret – PIP: Kementrian Pertahanan Israel dan Biro Pertahanan Rudal Amerika diberitakan telah berhasil melakukan ujicoba sistem pertahanan anti rudal terbaru mereka, David Sling (Ketapel Daud). Sistem pertahanan ini juga dikenal dengan sebutan Magic Wand atau “Tongkat Sihir”.

Jeritan Al-Quds yang Tertahan



Dr. Muhsin Shalih
Direktur Pusat Studi Az-Zaitun
Hari-hari ini adalah saat mengenang 82 tahun revolusi Al-Barraq yang meletus dalam membala tembok pagar barat masjid Al-Aqsha dan juga peringatan 42 pembakaran masjid suci tersebut.
Membela Al-Quds dan Al-Aqsha selalu menjadi isu bersama umat Islam meski aliran dan madzhab berbeda. Menekan Al-Quds berarti menekan syaraf paling sensitif di tubuh umat yang bisa menyulut emosi dan harga dirinya.

Selasa, 27 November 2012

Bahaya Narkoba


Kurang lebih th. 2000 SM di Samaria dikenal sari bunga opion atau kemudian dikenal opium (candu = papavor somniferitum). Bunga ini tumbuh subur di daerah dataran tinggi di atas ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Penyebaran selanjutnya adalah ke arah India,Cina dan wilayah-wilayah Asia lainnya.

Cina kemudian menjadi tempat yang sangat subur dalam penyebaran candu ini (dimungkinkan karena iklim dan keadaan negeri). Memasuki abad ke XVII masalah candu ini bagi Cina telah menjadi masalah nasional; bahkan di abad XIX terjadi perangcandu dimana akhirnya Cina ditaklukan Inggris dengan harus merelakan Hong Kong.

Gerhana Bulan Penumbra 28 November 2012


Di akhir bulan November ini akan terjadi sebuah gerhana Bulan penumbra (GBP), yang sekaligus akan menjadi gerhana yang terakhir di tahun 2012. Disebut gerhana penumbra karena Bulan tidak akan masuk ke dalam wilayah umbra Bumi.


Melebur dosa dengan taubat yang tulus

Setiap hamba pasti pernah terjerumus dalam dosa bahkan juga dosa besar. Mungkin saja seseorang sudah terjerumus dalam kelamnya zina, membunuh orang lain tanpa jalan yang benar, pernah menegak arak (khomr), atau seringnya meninggalkan shalat lima waktu padahal meninggalkan satu shalat saja termasuk dosa besar berdasarkan kesepakatan para ulama. Inilah dosa besar yang mungkin saja di antara kita pernah terjerumus di dalamnya. Lalu masihkah terbuka pintu taubat? Tentu saja pintu taubat masih terbuka, ampunan Allah begitu luas.
Sebuah hadits yang patut jadi renungan

Kumpulan doa sehari-hari


1. Do’a Sebelum Makan
Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaari Bismillahirrahmaaniraahiimi.
Artinya : Ya Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (HR. Ibnu as-Sani)

Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah


Daya hantar listrik larutan elektrolit bergantung pada jenis dan konsentrasinya. Beberapa larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik dengan baik meskipun konsentrasinya kecil, larutan ini dinamakan elektrolit kuat. Sedangkan larutan elektrolit yang mempunyai daya hantar lemah meskipun konsentrasinya tinggi dinamakan elektrolit lemah.
Perhatikan hasil uji elektrolit yang ditunjukkan pada Gambar 8. Pada larutan elektrolit lampu yang digunakan menyala dan timbul gas pada elektrodanya. Beberapa larutan elektrolit dapat mengahantarkan listrik dengan baik sehingga lampu menyala terang dan gas yang terbentuk relatif banyak (Gambar 8a). Larutan ini dinamakan elektrolit kuat, beberapa elektrolit yang lain dapat menghantarkan listrik tetapi kurang baik, sehingga lampu nyala, redup atau bahkan tidak menyala dan gas yang terbentuk relatif sedikit. (Gambar 8b). Dari uraian di atas kita dapat golongkan larutan elektrolit menjadi dua macam, yaitu elektrolit kuat dan elektrolit lemah.

SISTEM TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN


SISTEM TRANSPORTASI PADA TUMBUHAN

I. Permeabilitas Membran Sel
Sel tumbuhan dibatasi oleh dua lapis pembatas yang sangat berbeda komposisi dan strukturnya. Lapisan terluar adalah dinding sel yang tersusun atas selulosa, lignin, dan polisakarida lain. Dinding sel memberikan kekakuan dan memberi bentuk sel tumbuhan. Pada beberapa bagian, dinding sel tumbuhan terdapat lubang yang berfungsi sebagai saluran antara satu sel dengan sel lainnya. Lubang ini disebut plasmodesmata, berdiameter sekitar 60 nm, sehingga dapat dilalui oleh molekul dengan berat molekul sekitar 1000 Dalton. Lapisan dalam sel tumbuhan adalah membran sel.

Membran sel terdiri atas dua lapis molekul fosfolipid. Bagian ekor dengan asam lemak yang bersifat hidrofobik (non polar), kedua lapis molekul tersebut saling berorientasi kedalam, sedangkan bagian kepala bersifat hidrofilik (polar), mengarah ke lingkungan yang berair. Komponen protein terletak pada membran dengan posisi yang berbeda-beda. Beberapa protein terletak periferal, sedangkan yang lain tertanam integral dalam lapis ganda fosfolipid. Membran seperti ini juga terdapat pada berbagai organel di dalam sel, seperti vakuola, mitokondria, dan kloroplas.
Komposisi lipid dan protein penyusun membran bervariasi, bergantung pada jenis dan fungsi membran itu sendiri. Namun demikian membran mempunyai ciri-ciri yang sama, yaitu bersifat selektif permeabel terhadap molekul-molekul. Air, gas, dan molekul kecil hidrofobik secara bebas dapat melewati membran secara difusi sederhana. Ion dan molekul polar yang tidak bermuatan harus dibantu oleh protein permease spesifik untuk dapat diangkut melalui membran dengan proses yang disebut difusi terbantu (fasilitated diffusion). Kedua cara pengangkutan ini disebut transpor pasif. Untuk mengangkut ion dan molekul dalam arah yang melawan gradien konsentrasi, suatu proses transpor aktif harus diterapkan. Dalam hal ini protein aktifnya memerlukan energi berupa ATP, ataupun juga digunakan cara couple lewat proses antiport dan symport.
Permeabilitas membran tergantung pada fluiditas inti hidrofobik membran dan aktivitas protein pengangkutnya. Oleh karena itu, keadaan lingkungan yang dapat mengganggu keduanya akan mempengaruhi permeabilitas membran terhadap suatu solut.

II. Transportasi Tumbuhan
Transportasi tumbuhan adalah proses pengambilan dan pengeluaran zat-zat ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Pada tumbuhan tingkat rendah (misal ganggang) penyerapan air dan zat hara yang terlarut di dalamnya dilakukan melalui seluruh bagian tubuh. Pada tumbuhan tingkat tinggi (misal spermatophyta) proses pengangkutan dilakukan pembuluh pengangkut yang terdiri dari xylem dan phloem.
Tumbuhan memperoleh bahan dari lingkungan untuk hidup berupa O2, CO2, air dan unsur hara. Kecuali gas O2 dan CO2 zat diserap dalam bentuk larutan ion. Mekanisme proses penyerapan dapat berlangsung karena adanya proses imbibisi, difusi, osmosis dan transpor aktif.

A. Imbibisi
Merupakan penyusupan atau peresapan air ke dalam ruangan antar dinding sel, sehingga dinding selnya akan mengembang. Misal masuknya air pada biji saat berkecambah dan biji kacang yang direndam dalam air beberapa jam.
B. Difusi
Difusi merupakan perpindahan zat-zat atau molekul-molekul dari daerah konsentrasi tinggi (hipertonik) ke konsentrasi rendah (hipotonik). Misal pengambilan O2 dan pengeluaran CO2 saat pernafasan, penyebaran setetes tinta dalam air.
CO2,O2 H2O

Difusi CO2,O2 dan H2O
Difusi dapat berlangsung dalam sel-sel hidup, termasuk pada sel tumbuhan. Telah diketahui bahwa isi sel hidup adalah protoplasma yang merupakan satu larutan. Tubuh tumbuhan dibangun oleh sel-sel tumbuhan yang setiap selnya memiliki dinding sel dari selulosa. Dinding tersebut umumnya bersifat permeabel sehingga dapat dilewati air dan zat-zat telarut di dalamnya.
Difusi yang tergantung pada suatu mekanisme transpor khusus dari membran seperti enzim permease disebut difusi terbantu, misalnya difusi ADP ke dalam dan difusi ATP ke luar dari mitokondria.
Gerakan partikel dari tempat dengan potensial kimia lebih tinggi ke tempat dengan potensial kimia lebih rendah karena energi kinetiknya sendiri sampai terjadi keseimbangan dinamis.
• Faktor yang mempengaruhi difusi :
1. Suhu, makin tinggi difusi makin cepat
2. BM makin besar difusi makin lambat
3. Kelarutan dalam medium, makin besar
difusi makin cepat
4. Beda potensial kimia, makin besar
beda difusi makin cepat

C. Osmosis
Osmosis adalah kasus khusus dari transpor pasif, dimana molekul air berdifusi melewati membran yang bersifat selektif permeabel. Dalam sistem osmosis, dikenal larutan hipertonik (larutan yang mempunyai konsentrasi terlarut tinggi), larutan hipotonik (larutan dengan konsentrasi terlarut rendah), dan larutan isotonik (dua larutan yang mempunyai konsentrasi terlarut sama). Jika terdapat dua larutan yang tidak sama konsentrasinya, maka molekul air melewati membran sampai kedua larutan seimbang. Dalam proses osmosis, pada larutan hipertonik, sebagian besar molekul air terikat (tertarik) ke molekul gula (terlarut), sehingga hanya sedikit molekul air yang bebas dan bisa melewati membran. Sedangkan pada larutan hipotonik, memiliki lebih banyak molekul air yang bebas (tidak terikat oleh molekul terlarut), sehingga lebih banyak molekul air yang melewati membran. Oleh sebab itu, dalam osmosis aliran netto molekul air adalah dari larutan hipotonik ke hipertonik.

Proses osmosis juga terjadi pada sel hidup di alam. Perubahan bentuk sel terjadi jika terdapat pada larutan yang berbeda. Sel yang terletak pada larutan isotonik, maka volumenya akan konstan. Dalam hal ini, sel akan mendapat dan kehilangan air yang sama. Banyak hewan-hewan laut, seperti bintang laut (Echinodermata) dan kepiting (Arthropoda) cairan selnya bersifat isotonik dengan lingkungannya. Jika sel terdapat pada larutan yang hipotonik, maka sel tersebut akan mendapatkan banyak air, sehingga bisa menyebabkan lisis (pada sel hewan), atau turgiditas tinggi (pada sel tumbuhan). Sebaliknya, jika sel berada pada larutan hipertonik, maka sel banyak kehilangan molekul air, sehingga sel menjadi kecil dan dapat menyebabkan kematian. Pada hewan, untuk bisa bertahan dalam lingkungan yang hipo- atau hipertonik, maka diperlukan pengaturan keseimbangan air, yaitu dalam proses osmoregulasi.

D. Transpor aktif
Transpor aktif adalah pengangkutan zat dengan bantuan energi. Sumber energi yang digunakan berasal dari ATP dan ADP. Contoh, pengangkutan glukosa dalam tubuh. Glukosa tidak dapat menembus membran sel sebelum diaktifkan oleh ATP atau ADP. Dengan mengubah glukosa menjadi glukosa fosfat. Untuk membentuk glukosa fosfat diperlukan energi pengaktifan yang tersimpan dalam ATP.

ATP ADP + P + Energi
Glukosa + P + Energi Glukosafosfat

Pengangkutan lintas membran dengan menggunakan energi ATP, melibatkan pertukaran ion Na+ dan K+ (pompa ion) serta protein kontraspor yang akan mengangkut ion Na+ bersama melekul lain seperti asam amino dan gula. Arahnya dari daerah berkonsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Misal perpindahan air dari korteks ke stele.

III. Pengangkutan Zat Melalui Xylem
Pengangkutan zat pada tumbuhan dibedakan menjadi :
A. Pengangkutan Ekstravaskuler
Pengangkutan air dan garam mineral di luar berkas pembuluh pengangkut. Pengangkutan ini berjalan dari sel ke sel dan biasanya dengan arah horisontal. Pengangkutan air dengan arah horizontal, mulai dari epidermis bulu-bulu akar, kemudian masuk ke lapisan korteks, lalu ke endodermis dan sampai ke berkas pembuluh angkut dalam air.
Skema :
Bulu akar epidermis korteks endodermis xylem.
Pada saat air dan mineral melalui jaringan-jaringan tersebut, ada dua kemungkinan jalan yang dilalui, pertama, air dan mineral akan melalui ruang antar sel dalam setiap jaringan. Pengangkutan semacam ini disebut Apoplast. Kedua, air dan mineral bergerak melalui jalur dalam sel yaitu sitoplasma. Air akan masuk ke dalam sel dan berpindah dari satu sel ke sel yang lain disebut Simplast. Pengangkutan secara Simplast dapat masuk ke stele melalui sel penerus pada endodermis, sedangkan pengangkutan secara apoplast tidak dapat sampai ke stele karena terhalang oleh sel U endodermis.
Penganngkutan ekstravaskluler dibedakan :
- transportasi/ lintasan apoplas : menyusupnya air tanah secara bebas atau transpor pasif melalui semua bagian tak hidup dari tumbuhan (dinding sel dan ruang antar sel)
- transportasi/ lintasan simplas : bergeraknya air dan garam mineral melalui bagian hidup dari sel tumbuhan (sitoplasma dan vakoula).

B. Pengangkutan Intravaskuler
Pengangkutan intravaskuler adalah proses pengangkutan zat yang terjadi di dalam pembuluh angkut, yaitu dalam xilem dan floem. Proses pengangkutan dalam pembuluh angkut terjadi secara vertikal.
Air dan mineral dalam tanah masuk melalui buluh akar – epidermis – korteks – endodermis – perisikel dan akhirnya masuk ke xilem. Di dalam pembulu xilem air dam mineral di bawah naik ke seluruh tubuh termasuk ke daun.
Air dan garam mineral akan diangkut ke daun melalui pembuluh kayu (xylem). Komponen utama penyusun xylem adalah elemen pembuluh (trakea) dan trakeid.
Trakea dan trakeid merupakan sel-sel yang mati karena tidak mempunyai sitoplasma dan hanya mempunyai dinding sel.
Sel trakea terdiri atas tabung yang berdinding tabal dan membentuk suatu pembuluh.
Sel trakeid merupakan sel dasar penyusun xylem, yang terdiri dari sel memanjang dan berdinding keras karena mengandung lignin. Pada beberapa tempat dinding sel trakeid terdapat bagian-bagian yang tidak menebal yang disebut noktah.
Selain trakea dan trakeid xylem juga mengandung sel parenkim (parenkim kayu) yang merupakan sel hidup dan berfungsi untuk menyimpan bahan makanan. Xylem juga mengandung serabut kayu yang berfungsi sebagai penguat (penyokong)
Yang menyebabkan air di dalam xilem dapat bergerak ke atas melawan gravitasi adalah :
- Daya kapilaritas :
Pembuluh xylem yang terdapat pada tumbuhan dianggap sebagai pipa kapiler. Air akan naik melalui pembuluh kayu sebagai akibat dari gaya adhesi antara dinding pembuluh kayu dengan molekul air.
- Daya tekan akar :
Epidermis akan menyerap air dari dalam tanah secara terus-menerus mengakibatkan kadar air dan tekanan turgor akar meningkat. Peningkatan kadar air pada ujung akar menyebabkan perbedaan konsentrasi antara sel pada ujung akar dan sel – sel yang berada di atasnya. Hal ini menyebabkan air akan berpindah dari sel - sel yang berada diatasnya, dan akhirnya air terdorong ke jaringan xilem yang berada diatsnya.
Tekanan akar pada setiap tumbuhan berbeda-beda. Besarnya tekanan akar dipengaruhi besar kecil dan tinggi rendahnya tumbuhan (0,7 - 2,0 atm). Bukti adanya tekanan akar adalah pada batang yang dipotong, maka air tampak menggenang dipermukaan tunggaknya.

- Daya isap daun :
Disebabkan adanya penguapan (transpirasi) air dari daun yang besarnya berbanding lurus dengan luas bidang penguapan (intensitas penguapan). Dengan demikian konsentrasi sel yang berada di daun cenderung lebih tinggi di bandingkan dengan konsentrasi sel pada bagian tubuh yang lain. Perbedaan konsentrasi ini akan mendorong perpindahan air dari sel-sel yang berada dibawahnya naik ke sel-sel daun. Jadi adanya penguapan melalui daun menyebabkan aliran air dari bawah ke atas. Kemampuan inilah yamg di sebut daya isap daun.
- Pengaruh sel-sel yang hidup :
Perjalanan air dari akar hingga ke daun di bantu oleh sel-sel hidup yang ada di sekitar xilem, yaitu sel – sel parenkim kayu dan sel-sel jari empulur.

Tumbuhan mengeluarkan cairan dari tubuhnya melalui 3 proses, yaitu :
1. Transpirasi
Adalah terlepasnya air dalam bentuk uap air melalui stomata dan kutikula ke udara bebas (evaporasi). Transpirasi dipengaruhi oleh :
Faktor luar, meliputi :
- kelembaban udara : semakin tinggi kelembaban udara maka transpirasi semakin lambat. Pada saat udara lembab transpirasi akan terganggu, sehingga tumbuhan akan melakukan gutasi
- suhu udara : semakin tinggi suhu maka transpirasi semakin cepat.
- intensitas cahaya : semakin banyak intensitas cahaya maka transpirasi semakin giat.
- kecepatan angin : semakin kencang angin maka transpirasi semakin cepat.
- kandungan air tanah : semakin banyak air tanah penguapan semakin cepat.
- angin : semakin cepat angin bertiup, maka penguapan semakin cepat
Faktor dalam, meliputi :
- ukuran (luas) daun
- tebal tipisnya daun
- ada tidaknya lapisan lilin pada permukaan daun
- jumlah stomata
- jumlah bulu akar (trikoma)
Jadi semakin cepat laju transpirasi berarti semakin cepat pengangkutan air dan zat hara terlarut, demikian pula sebaliknya. Alat untuk mengukur besarnya laju transpirasi melalui daun disebut fotometer atau transpirometer.
2. Gutasi
Adalah pengeluaran air dalam bentuk tetes-tetes air melalui celah-celah tepi atau ujung tulang tepi daun yang disebut hidatoda/ gutatoda/ emisarium. Terjadi pada suhu rendah dan kelembaban tinggi sekitar pukul 04.00 sampai 06.00 pagi hari. Di alami pada tumbuhan famili Poaceae (padi, jagung, rumput, dll)
3. Perdarahan
Adalah pengeluaran air cairan dari tubuh tumbuhan berupa getah yang disebabkan karena luka atau hal-hal lain yang tidak wajar. Misalnya pada penyadapan pohon karet dan pohon aren.


IV. Pengangkutan Melalui Floem
Air dan zat terlarut yang diserap akar diangkut menuju daun akan dipergunakan sebagai bahan fotosintesis yang hasilnya berupa zat gula/ amilum/ pati. Pengangkutan hasil fotosintesis berupa larutan melalui phloem secara vaskuler ke seluruh bagian tubuh disebut translokasi.
Untuk membuktikan adanya pengangkutan hasil fotosintesis melewati phloem dapat dilihat dari pada proses pencangkokan. Batang yang telah kehilangan kulit (phloem) mengalami hambatan pengangkutan akibat terjadinya timbunan makanan yang dapat memacu munculnya akar apabila bagian batang yang terkelupas kulitnya tertutup tanah yang selalu basah.
Beberapa tumbuhan menyimpan hasil fotosintesis pada akarnya atau batangnya. Pada umumnya jaringan phloem tersusun oleh 4 komponen, yaitu :
- buluh tapis
- sel pengiring
- parenkim phloem
- serabut-serabut http://mahranzaim15.blogspot.com/2012/11/sistem-transportasi-pada-tumbuhan.html

Senin, 26 November 2012

spesifik atom uranium


Uranium adalah mineral yang memancarkan radiasi nuklir atau bersifat radioaktif, digunakan dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai bahan bakar nuklir. Uranium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, uranium termasuk ke seri aktinida (actinide series). Uranium biasanya terdapat dalam jumlah kecil di bebatuan, tanah, air, tumbuhan, dan hewan (termasuk manusia).
Uranium memiliki 3 Isotop :
- U234 kadar sangat kecil
- U235 kadar 0,715 = 0,7 %
- U238 kadar 99,285 = 99,3%
Isotop U235 digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dan senjata nuklir.

Uranium memiliki sifat fisik yang khas :
- Ditemukan di alam dalam bentuk U3O atau UO berwarna hijau kekuning-kuningan dan coklat tua.
- Bila disinari cahaya ultra ungu, uranium akan mengeluarkan cahaya fluoresensi yang sangat indah

Dalam fisika nuklir, sebuah reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan, tetapi kejadian tersebut sangat jarang. Bila partikel-partikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam level energi), proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi.
Dikenal dua reaksi nuklir, yaitu reaksi fusi nuklir dan reaksi fisi nuklir. Reaksi fusi nuklir adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi, juga dikenal sebagai reaksi yang bersih. Reaksi fisi nuklir adalah reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan inti atom lainnya, dan menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil, serta radiasi elektromagnetik. Reaksi fusi juga menghasilkan radiasi sinar alfa, beta dan gamma yang sangat berbahaya bagi manusia.
Contoh reaksi fusi nuklir adalah reaksi yang terjadi di hampir semua inti bintang di alam semesta. Senjata bom hidrogen juga memanfaatkan prinsip reaksi fusi tak terkendali. Contoh reaksi fisi adalah ledakan senjata nuklir dan pembangkit listrik tenaga nuklir.
Unsur yang sering digunakan dalam reaksi fisi nuklir adalah Plutonium dan Uranium (terutama Plutonium-239, Uranium-235), sedangkan dalam reaksi fusi nuklir adalah Lithium dan Hidrogen (terutama Lithium-6, Deuterium, Tritium).

Supleman Otak 2012

  Supleman sangat penting bagi tubuh,apalagi otak.suplemen tersebut antara lain yaitu:


  •  Vitamin A

Vitamin A merupakan antioksidan yang penting dan di perlukan untuk pengembangan sistem saraf pada embrio. Vitamin A berperan dalam fungsi otak dengan menempel pada berbagai reseptor sel otak dan memicu reaksi biokimia di sel.

  • Vitamin B

Jika tidak di konsumsi secara cukup dapat menyebabkan depresi, penurunan intelektualitas, dan bahkan penyakit jiwa. Vitamin B penting untuk fungsi mental karena berfungsi sebagai katalis agar reaksi kimia  dalam sel otak dapat terjadi. Kekurangan vitamin B kompleks, terutama B-1, B-3 dan B-12 dapat menurunkan kinerja ingatan.
Terdapat beberapa hal yang menurunkan kadar vitamin B-1 (tiamin) seperti stress, konsumsi alkohol, atau nutrisi yang buruk. Kekurangan vitamin B-3 (niasin) dapat menimbulkan gejala nervous, insomnia, mudah tersinggung, depresi, kecemasan, dan kebingungan. Kekurangan vitamin B-12 (cyanokobalamin) dapat menimbulkan masalah dalam memusatkan perhatian dan ingatan, depresi, dan bahkan halusinasi.
Vitamin B digunakan untuk mengubah protein dan karbohidrat dalam makanan menjadi energi mental.

  • Vitamin C

Membantu otak menyerap protein untuk membentuk neurotransmiter yang menjadi bagian integral dalam proses berfikir dan mengingat. Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas New Mexico, menunjukan bahwa semakin rendah kada Vitamin C dalam darah, semakin buruk skor peserta tes dalam kemampuan ingatan jangka pendek dan kemampuan memecahkan masalah.

  • Vitamin E

Penting untuk mensuplai oksigen pada otot dan melindungi otak dari eefk merusak zat radikal bebas dan proses penuaan. Penelitian terdahulu menunjukkan vitamin E dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

  • Mineral

Mineral (Boron, Seng, Magnesium, Mangan, Besi, kalsium, Tembaga, selenium).
Penelitian di pusat penelitian Gizi Manusia USDA menemukan bahwa 3 miligram boron dapat meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan belajar. Dr. James Penland, peneliti dari Pusat Penelitian Gizi Manusia Grand Forks, Department Pertanian Amerika Serikat, menyatakan bahwa asupan boron, tembaga dan mangan yang tidak mencukupi berpengaruh buruk pada ingatan, pikiran dan Mood.
Kekurangan Magnesium dapat mengaburkan ingatan kita dengan cara menghambat sirkulasi darah di otak. Dan kekurangan seng terutama pada manula, telah lama dihubungkan dengan kebingungan mental dan bahkan penyakit Alzheimer. Penelitian yang diselenggarakan di Universitas Texas melaporkan kemampuan mengingat kata dan pola visual meningkat dengan suplemen seng, dan penelitian yang di lakukan oleh Dr.Don Tucker dari Universitas Oregon menemukan bahwa otak dewasa dapat meningkatkan kewaspadaan, ingatan, dan bahkan kelancaran berbicara dengan suplemen zat besi. Kekurangan zat besi pada anak-anak dapat menyebabkan kesulitan memusatkan perhatian dan sulit mempelajari materi baru.

  • Asam Ribonukleat

Asam Ribonukleat (RNA) dan asam Deoksiribonukleat (DNA) ada di tiap inti sel. RNA adalah kunci yang penting dalam mempelajari tentang ingatan. Dalam suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 1970, sekelompok tikus yang RNA-nya di trasnplantasikan dari sekelompok tikus terlatih, menunjukkan adanya transfer perilaku.
Dalam penelitian lain, binatang yang diberi suplemen RNA dapat belajar cepat dan mengalami perpanjangan usia hingga 20%. Namun, saat disuntik dengan enzim yang merusak RNA, kemampuan belajar tersebut menghilang. Pada manusia, RNA adalah faktor penting dalam perbaikan jaringan, penyembuhan dan pengembangan otak, dan dapat di temukan secara alami pada ikan (terutama ikan sarden), kerang, bawang, dan ragi. Suplemen RNA di perkirakan dapat meningkatkan kemampuan otak dan saya ingat serta melindungi sel otak dari akibat oksidasi lemak.

  • NADH

Dalam uji coba klinis, 80% pasien Parkinson mendapat manfaat dari suplemen NADH (nikotinamid adeniene dinukleutid). NADH mampu meningkatkan aktifitas otak dan kemampuan motorik pada pasien alzheimer, parkinson, kelelahan kronis, dan depresi. Selain itu, orang sehat juga dapat mengonsumsi NADH mengalami peningkatan konsentrasi , energi, stamina, dan mood. NADH yang juga dikenal sebagai koenzim 1, terdapat dalam setiap sel hidup dan berperan penting dalam kapasitas produksi energi tubuh., terutama di otak dan sistem saraf pusat. NADH bekerja dengan menstimulasi produksi dopamin dan neurotransmiter lain.

  • Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah tumbuhan tertua yang diketahui manusia. Tumbuhan tersebut dapat meningkatkan ingatan pada manusia. Di minum, dalam bentuk ekstrak. Ramuan ginkgo biloba mamperlancar sirkulasi darah ke otak., sehingga kemampuannya meningkat.

  • DHA

Penelitian menunjukkan bahwa DHA (Asam dakosa-heksaenoat) memiliki peranan penting dalam ingatan. DHA, sebuah bentuk asam lemak omega-3 adalah agen anti-peradaban yang melindungi membran sel dari oksidasi dan meningkatkan daya lumas sel.
DHA merupakan zat tambahan dalam susu bayi, yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Penelitian pada orang dewasa juga melaporkan bahwa menyantap ikan setidaknya sekali dalam seminggu dapat mengurangi resiko alzheimer hingga 70% di bandingkan dengan mereka tidak menyantap ikan. Omega-3 juga di temukan dalam minyak tumbuhan.

  • Asetil-L-Karnitin

Asetil-L-Karnitin (acetyl-L-carnitine, ALC) terkait erat dengan amino karnitin, adalah senyawa alami yang meningkatkan pertukaran energi antar sel dan memperkuat komunikasi antar sel otak kanan dan kiri. Penelitian lebih lanjut yang terhadap 500 pasien lanjut yang telah mengalami penurunan fungsi mental terjadi peningkatan setelah mengonsumsi suplemen ALC. Pasien yang menerima ALC langsung menunjukkan peningkatan signifikan dalam serangkaian tes mental.
Penelitian di Italia tahun 1992 menunjukkan bahwa ALC meningkatkan kinerja mental pada orang muda yang sehat dan penelitian ilmuwan Roma pada atlet profesional menunjukkan l-karnitin meningkatkan potensi biologis tubuh.

  • Piracetam

Piracetam berguna untuk mengurangi stress metabolis dalam kondisi kurang oksigen, serta meningkatkan metabolisme dan energi saraf—baik   bagi individu sehat maupun yang mengalami gangguan ingatan. Selain itu Piracetam berfungsi memperlambat kehilangan ingatan akibat pertambahan usia dan memfasilitasi komunikasi antara otak kanan dan otak kiri,. Potensi aplikasi klinis piracetam sangatlah banyak – mulai terapi alzheimer dan epilepsi hingga gangguan konsentrasi dan disleksia. Piracetam diketahui tidak memiliki kontra indikasi, aman, dan tidak beracun.

  • Nimodipin

Penghambat saluran kalsium (sering di resepkan untuk penyakit jantung) dinyataan sebagai senyawa luar biasa karena memiliki efek yang luas. Selain potensial untuk terapi alzheimer, Nimodipin juga sedang menjalani uji coba untuk mencegah penurunan ingantan akibat usia. Nimodipin meningkatkan aliran darah ke otak dengan cara mencegah penyempitan dan penggumpalan di pembuluh darah otak. Dalam uji coba klinis terhadap para usia lanjut yang mengalami penurunan ingatan, Nimodipin dilaporkan mempunyai efek positif terhadap penyakit yang terkait dengan stress, meningkatkan ingatan, depresi, dan kondisi otak keseluruhan,  juga mengurangi kegelisahan.

  • DMAE

Dimetilaminoetanol, secara generik dikenal sebagai deanol atau deaner adalah stimulan otak yang aman dan banyak dikenal. Stimulan ini mengoptimalkan produksi asetilkolin, neurotranmiter yang sangat terkait dengan pembelajaran dan ingatan. Sangat efektif untuk pasien dengan kelelahan kronid dan depresi ringan, atau sedang. DMAE juga di laporkan menstimulasi mimpi yang berkesan serta memacu ingatan dan konsentrasi dalam belajar.  DMAE menyebabkan stimulasi ringan tanpa efek depresi jika dihentikan.

informasi beasiswa


Beasiaswa belgia 2013-2014 
   Vlaamse Interuniversitare Raad-University Development Coorperation (VLIR-UOS) menawarkan beasiswa untuk mengikuti program master dan program pelatihan dalam berbagai bidang studi yang diselenggarakan dalam bahasa Inggris di perguruan tinggi di wilayah Flanders, Belgia untuk tahun akademik 2013-2014.
Informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan prosedur dapat mengunjungi situs www.scholarships.vliruos.be dan www.studyinflanders.be.
Sehubungan dengan itu, apabila ada calon yang berminat dan memenuhi syarat agar melengkapi surat dan berkas pencalonan dan mengirimkannya lewat e-mail scholarships@vliruos.be dengan tembusan soaloansianturi@yahoo.com.
Batas waktu pencalonan beasisiwa program master paling lambat diterima pada tanggal 1 Februari 2013.