Rabu, 28 November 2012

Pentingnya Air Dalam Kehidupan

Tema : Kelestarian Sumber Air minum


      Air adalah suatu zat yang berbentuk zat cair. Air merupakan kebutuhan primer bagi kehidupan di muka bumi ini terutama bagi manusia.  Dalam ilmu Biologi terdapat ekosistem yang sangat erat hubungannya dalam kehidupan.Pengertian umum Ekosistem adalah suatu system ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

Menurut ahli gizi dan makanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Nuri Andarwulan PhD,komposisi tubuh manusia sebagian besar adalah air (cairan), yaitu sekitar 60 hingga 70 persen. Karena itu, air memegang peranan yang sangat penting dan tidak tergantikan.Ia melanjutkan,air adalah esensial dan tidak bisa disintesakan. Ini berbeda dengan senyawa lain, seperti karbohidrat, lemak, dan protein. ''Lemak bisa disintesakan dari karbohidrat. Protein dan karbohidrat juga sama. Tapi, air tidak bisa disintesakan. Ia harus diperoleh dari luar tubuh,'' ungkapnya.






Apabila saja manusia kekurangan air lebih dari 4% maka kemampuan berfikir manusia akan menurun drastis.

Syarat-sarat air minum yang bersih dan sehat

Untuk konsumsi air minum menurut depertemen kesehatan syarat-syarat air minum adalah :
  •  Tidak berasa
  •  Tidak berbau
  • Tidak berwarna
  • Dan satu lagi yang penting adalah tidak mengandung Logam berat (contoh logam berat : Arsen(As),cadmium(cd),berilium(Be),Boron(B),Tembaga(Cu),Fluor(F),Air raksa(Hg), selenium(Se), Seng(Zn), Timbal(Pb), ada juga berupa (CO2 dan CO ),  Oksida-oksida nitrogen(NO dan no2), Oksida-Oksida belerang(SO2 dan SO3), H2S, Asam sianida (HCN), senyawa/ion klorida, Partikulat seperti asbes,Tanah/Lumpur, Senyawa Hidrokarbon seperti Metana dan Heksana.)
  • Tidak mengandung mikrobiologi yang membahayakan tubuh seperti Escherichia Coli.


Pengrusakan atau pencemaran air

            Pencemaran air adalah suatu perubahan susunan zat pembentuk air berupa mineral menjadi lebih buruk disuatu tempat penampang air. Hal ini dapat terjadi  akibat kegiatan manusia dan alami. Perubahan yang di sebabkan oleh alam misalnya : gunung berapi badai ,tsunami ,gempa bumi dll dan juga mengalami perubahan yang besar terhadap kualitas air.
Perubahan yang disebabkan oleh tangan manusia :
  •  Para pengusaha industry membuang bermacam-macam polutan ke dalam air seperti : logam berat ,toksin organic ,minyak , nutien dan ada juga dalam bentuk padatan.
  • Tumpahan Minyak di lautan
  •  Kumpulan sampah di dalam sebuah sungai
  • Penebangan liar / Ilegaloging : hal ini dapat merusak system penyimpanan cadangan air, yang kemudian mengakibatkan Kebanjiran .
  • Pembuangan merkuri(Air raksa) ke dalam sungai .merkuri(air raksa adalah su suatu zat kimia yang sulit terurai sehingga dapat terakumulasi atau tertimbun dalam jaringan makhluk hidup . 

Pencemaran air, menurut Fardiaz (1992) adalah penyimpangan sifat-sifat dari keadaan normal. Dalam keadaan normal sebenarnya air telah mengandung bahan-bahan terlarut, seperti O2, CO2, N2, debu dan partikel-partikel lain.


Untuk menentukan apakah air itu tercemar, dapat diketahui dengan suatu pengujian. Parameter-parameter pengujian dapat berupa parameter fisik, misalnya suhu, perubahan warna, bau, kekeruhan, dan parameter kimia serta biologi (misalnya kandungan oksigen terlarut BOD/COD = Biochemical Oxygen Demand dan Chemical Oxygen Demand, pH, kandungan minyak, kandungan logam berat, dan jumlah organisme patogen). Air dikatakan tercemar apabila bahan-bahan tersebut dalam jumlah yang melebihi ambang batas yang ditetapkan.



Ketiadaan air bersih dapat mengakibatkan

Ø  Penyakit diare
Ø  Penyakit cacingan
Ø  Tambahnya tingkat kemiskinan

Maka dari itu penulis mengajak terutama kepada seluruh manusia untuk menjaga kelestarian sumber  alam seperti danau,sungai,laut dan air tanah. Kelestarian sumber alam sangatlah penting untuk siklus hidrologi  terutama pada kehidupan makhluk hidup untuk hidup seimbang dengan alam.

Pengenalan inovasi terbaru dari Unilever yaitu Pureit Unilever.pemurnian air (Water Purifier) yang menggunakan tegnologi modern dan canggih yang dapat menghasilkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

  • Air minum yang dihasilkan dapat diminum langsung tanpa memerlukan pemasakan.
  • Pureit tidak memerlukan listrik atau gas
  • Plastik yang aman untuk digunakan
  • Kapasitas penyimpanan yang besar
  • Pureit dapat menghilang virus ,bakteri dan parasit berbahaya serta menghilangkan kotoran di dalam air.Sehingga air yang dihasilkan jernih tidak berbau dengan rasa yang alami.
  •  Pureit memenuhi kriteria ketat internasional dari Environmental Protection Agency (EPA) yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya.
  • Mampu menhilangkan kontaminasi dalam air minum anda yang dapat dihilangkan dengan hanya memasak seperti merkuri ,pestisida ,karat besi dan sebagainya.
  • Pureit terobosan baru dari Unilever ,perusahaan yang memproduksi berbagai produk terkenal seperti Pepsodet,Lifebuoy,Blue Band dan Sunsilk.
  • Pureit mendapatkan sertifikat dari lembaga ilmu pengetahuan di asia dan eropa yaitu : UGM,ITB,IPB untuk kinerja Pureit ,Sucofindo untuk kinerja Puriet ,Scottish parasite diagnostic laboratory,Glasgow,inggris ,Indian Public Health Association ,London School of Hygiene and Tropical Medicine (University of London) inggris
Tulisan ini bukan hasil copy paste ataupun plagiat dari tulisan orang lain.Tujuan menulis ini adalah untuk mengikuti lomba  blog #airpuriet dan jika ada mengambil kutipan yang lain maka akan menggunakan hyperlink ke webesite tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar