Jumat, 30 November 2012

Akhirnya Belgia dan Spanyol mendukung palestina





Pekanbaru--Makin banyak saja negara Eropa yang memberikan dukungan bagi peningkatan keanggotaan Palestina di PBB. 
Belgia, pada Kamis menyatakan akan mendukung Palestina.Sebelumnya, Spanyol mengumumkan hal serupa bagi Palestina.


"Belgia akan memberi suara mendukung pemberian peningkatan kedudukan Palestina di PBB," kata Perdana Menteri Belgia, Elio Di Rupo, Kamis.

"Belgia pada hari ini memutuskan memilih mendukung resolusi memberi Palestina kedudukan pengamat bukan anggota di PBB," kata perdana menteri itu sesudah sidang kabinet membahas masalah tersebut. Di Rupo menyatakan keputusan itu bertujuan mendorong upaya perdamaian Timur Tengah.

Kementerian Luar Negeri Belgia sebelumnya tampak condong abstain dalam pemungutan suara itu dan pers negara tersebut melaporkan Belgia akan abstain, yang memicu kemarahan partai sayap kiri.

Menteri Luar Negeri Belgia, Didier Reynders, dalam pernyataan mengatakan, "Belgia akan mendesak Israel dan Palestina kembali ke meja perundingan."

Ia juga mengatakan telah bekerja "tanpa kenal lelah" dalam beberapa pekan belakangan dalam kepentingan sikap bersama Uni Eropa dalam suara itu dan "hari ini menyesalkan" bahwa ke-27 negara di blok tersebut tidak akan bersuara sama.

Untuk memastikan Uni Eropa terus memainkan peran kuat dalam upaya perdamaian, ia menyarankan Belgia "menyesuaikan diri dengan yang dipilih sejumlah terus meningkat dari negara Eropa Bersatu, terutama suara mendukung," katanya.

Resolusi itu meminta majelis tersebut menyepakati keanggotaan pengamat dan mendesak ke-15 negara anggota Dewan Keamanan badan dunia itu mempertimbangkan permohonan Abbas untuk keanggotaan penuh pada tahun lalu.


sumber : Republika

0 komentar:

Posting Komentar